Cara Menggabungkan Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, dan Bab I dalam Satu File


Anda pernah kebingungan menggabungkan cover, kata pengantar, daftar isi, dan bab I dalam satu file? Pengalaman Paman mungkin bisa membantu. Lanjutkan membaca dan cari tahu jawabannya, ya.. 😊

Seperti kita ketahui, format nomor yang digunakan untuk halaman kata pengantar dan daftar isi adalah angka romawi dengan huruf kecil, contoh: (i), (ii), (iii), (iv), (v), dan seterusnya. sedangkan halaman bab I dan seterusnya sampai daftar pustaka dan lampiran-lampiran menggunakan angka arab, contoh: 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Untuk menggabungkan halaman-halaman ini memang seperti tidak mungkin karena memiliki pemformatan nomor halaman yang tidak sama. Tapi, sebenarnya ada trik sederhana untuk menggabungkannya menjadi satu file.

Langkah pertama, gabungkan semua file dengan cara biasa copy dan paste di dalam satu file sesuai urutannya. Lalu, tambahkan nomor halaman seperti biasa dengan pilih menu INSERT > PAGE NUMBER > BOTTOM OF PAGE > PLAIN NUMBER 2. Lihat gambar berikut!


Langkah kedua, tempatkan kursor pada ujung halaman judul (cover). Setelah itu, pilih menu LAYOUT > BREAKS > NEXT PAGE. Kursor akan berpindah ke halaman selanjutnya dan memisahkan halaman sebelumnya dengan halaman sekarang secara otomatis.


Langkah ketiga, tempatkan kursor setelah pada ujung halaman daftar isi. Setelah itu, lakukan hal yang sama seperti langkah kedua.


Langkah keempat, arahkan kembali kursor ke halaman judul (cover). Setelah itu, klik kiri dua kali pada nomor halaman sampai muncul menu seperti pada gambar berikut. Lalu, beri centang (√) pada menu DIFFERENT FIRST PAGE. Dengan melakukan ini, nomor halaman pada halaman judul (cover) akan hilang.



Langkah kelima, arahkan kursor ke halaman kata pengantar (atau halaman lain setelah halaman judul). Setelah itu, klik kiri dua kali pada nomor halaman sampai muncul menu seperti gambar berikut. Lalu, pilih menu PAGE NUMBER > FORMAT PAGE NUMBERS.


Langkah keenam, setelah muncul menu seperti gambar berikut ubah NUMBER FORMAT menjadi format nomor i, ii, iii, .... Lalu, setting awal penomoran pada menu START AT dari i.


Langkah ketujuh, arahkan kursor ke halaman BAB I. Setelah itu klik kiri dua kali pada nomor halaman sampai muncul menu seperti gambar berikut. Setelah muncul menu tersebut, ubah NUMBER FORMAT menjadi format nomor 1, 2, 3, ... . Lalu, setting awal penomoran pada menu START AT dari 1



Catatan: Jika nomor halaman pada halaman BAB I tidak muncul, buang centang (√) DIFFERENT FIRST PAGE untuk memunculkan nomor halaman.

Itulah cara menggabungkan cover, kata pengantar, daftar isi, dan bab I ke dalam satu file. Semoga terbantu!
Cara Menggabungkan Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, dan Bab I dalam Satu File Cara Menggabungkan Cover, Kata Pengantar, Daftar Isi, dan Bab I dalam Satu File Reviewed by Ugit Rifai on Monday, July 17, 2017 Rating: 5

No comments:

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.