Moving Game: Game Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis TPR



Nama permainan: Moving Game
Target skill : Vocabulary (kosakata), Yes/No questions structure
Tipe : Total physical response (TPR)
Jumlah pemain : minimal 3 (tiga) orang
Usia : early learners, children, teenagers

Sebelum bermain:

  • Kenalkan peserta dengan kosakata yang akan digunakan dalam permainan. Caranya bisa menggunakan flashcard atau realia (benda nyata). Sistem metode terjemahan bisa dipakai untuk anak-anak. Di sini, contoh tema yang akan dibahas tentang makanan.
  • Brainstorm peserta dengan mengajukan pertanyaan menggunkan ‘yes/no question’. Misalnya, ‘Do you like bread?’ Jika peserta menjawab ‘yes’ atau ‘no’, permainan bisa dimulai. Tapi, jika tidak, pertanyaan bisa diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Indonesia.


Waktunya bermain:
  • Berilah tanda untuk tempat peserta. Caranya bisa dengan membuat lingkaran di atas lantai menggunakan marker. Bisa juga dengan menggunakan kursi yang ditata membentuk lingkaran. Jumlah tanda atau kursi disesuaikan jumlah peserta.
  • Peserta menempati kursi atau tanda yang sudah dibuat.
  • Ajukan pertanyaan yes/no questions sesuai dengan tema
  • Peserta harus berpindah tempat jika jawabannya ‘Yes’ dan tetap di tempat jika jawabannya ‘No’
  • Jadikan pertanyaan pertama sebagai latihan untuk mengetahui apakah peserta mengerti permainan ini atau tidak.
  • Beritahukan kepada peserta bahwa anda akan ikut dalam permainan ini, dan anda akan menempati tempat yang kosong. Peserta yang tidak mendapat tempat menjadi kucing dan harus mengajukan pertanyaan Yes/No questions
  • Perbaiki kalimat pertanyaan jika terdapat kesalahan dengan cara mengulangi kalimat pertanyaan yang benar.
  • Permainan dilanjutkan sampai dianggap cukup.


Setelah bermain:
  • Ulangi lagi pertanyaan yes/no question lalu minta peserta untuk menjawab dengan kalimat utuh ‘Yes, I do’ ‘No, I don’t’ dan sebagainya.
  • Cek pemahaman siswa dengan worksheet (lembar kerja)


Tips:
  • Jika menggunakan kursi, perhatikan penempatan kursi. Usahakan kursi menempel ke dinding untuk menghindari peserta terjatuh saat menempati kursi.
  • Untuk peserta young learners, permainan ini cocok digunakan untuk melatih membuat pertanyaan sederhana seperti ‘Do you like…’ atau ‘Do you have…’
  • Untuk peserta dengan kemampuan lebih tinggi, permainan ini bisa digunakan untuk berbagai macam tenses.


Kekurangan:
  • Skill yang dilatih sederhana, tidak terlalu kompleks
  • Menguras tenaga peserta
  • Kemungkinan terjadi kecelakaan kecil seperti saling bertabrakan, terjatuh, dan sebagainya


5 Comments

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

  1. thanks for your showing paman,, enough to help me

    ReplyDelete
  2. tahu game ular tangga ngak..... ???

    ReplyDelete
  3. Paman, untuk siswa yg menjawab Yes dia kan hrs berpindah tempat. Tmptx dmna?? Bknx jumlah kursi sma dgn jumlah peserta ?? Atau dilebihkan beberapa kursinya yah. Makasih

    ReplyDelete
  4. Dia harus bertukar tempat dg tmannya yg jg mnjawab 'yes'.. klo tidak ada lg yg mnjawab 'yes', brarti dia harus brtukar tmpat dg penanya. Dan giliran dia untuk mengajukan pertanyaan.

    ReplyDelete

Post a Comment

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Previous Post Next Post

Smartwatchs