Kalau In Shaa Allah Mengapa Shalat? Ejaan Baku 20+ Kata Bahasa Indonesia Hasil Serapan dari Bahasa Arab


Akhir-akhir ini muncul kebingungan di tengah masyarakat tentang penulisan kata إن شاء الله yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai 'jika Allah menghendaki'. Kebingungan masyarakat mulai muncul setelah beredarnya pernyataan bahwa penulisan 'insya Allah' berarti 'menciptakan Allah' sehingga penulisan yang benar seharusnya adalah 'in shaa Allah'. Tidak sedikit orang yang percaya dengan pernyataan ini dan ikut membagikannya di media-media sosial. Namun, banyak juga yang mengkritisi pernyataan ini dengan alasan sesuai kaidah transliterasi kata serapan bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab maka sudah seharusnya kata tersebut dieja 'insya Allah'. Bahkan kata 'insya Allah' bisa ditemukan sebagai lema dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai rujukan kata baku. Sedangkan alternatif lainnya tidak ditemukan.

Melihat hal ini, berikut ini akan Paman bagikan daftar ejaan baku kata serapan bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab. Daftar ini mungkin akan terus bertambah sesuai kebutuhan.

Nomor
Kata Baku
Kata Tak Baku
1
AllahAlloh
2salatshalat, solat, sholat
3akidahaqidah
4fikihfiqh, fiqih
5 insya Allahinsha Allah, in shaa Allah
6zikirdzikir, zikr
7zuhurlohor, dzuhur
8zalimdzalim
9pikirfikir
10takwataqwa
11dakwahda'wah
12taklimta'lim
13akhirahir
14akhiratahirat, akherat, aherat
15zamanjaman
16ijazahizazah, ijasah
17rezekirizki, rizqi
18selawatshalawat, sholawat, solawat
19safshaf, shof
20nasihatnasehat
21izinijin
22sahsyah


Kalau In Shaa Allah Mengapa Shalat? Ejaan Baku 20+ Kata Bahasa Indonesia Hasil Serapan dari Bahasa Arab Kalau In Shaa Allah Mengapa Shalat? Ejaan Baku 20+ Kata Bahasa Indonesia Hasil Serapan dari Bahasa Arab Reviewed by Ugit Rifai on Friday, November 13, 2015 Rating: 5

No comments:

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.