Cara Mudah Membuat Simulasi Gunung Meletus


Ahir-ahir ini, banyak gunung api di Indonesia yang aktif dan meletus. Gunung Merapi di Yogyakarta, Gunung Sinabung di Sumatera Utara, dan kini giliran Gunung Kelud di Kediri. Letusan gunung-gunung ini ditandai dengan keluarnya material lava dari dalam kantung magma. Nah, kali ini Paman akan membagikan cara mudah untuk membuat simulasi gunung meletus.

Oke, mari kita mulai dengan alat bahan yang dibutuhkan. Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat simulasi gunung meletus adalah sebagai berikut:
  1. Botol plastik bekas ukuran kecil atau sedang
  2. Sedotan untuk mengaduk
  3. Cuka
  4. Baking soda (soda kue)
  5. Bahan pewarna merah
  6. Tanah liat atau pasir
Kalau semua sudah siap, langsung kita berlanjut ke langkah-langkah cara mudah membuat simulasi gunung meletus. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Siapkan botol plastik yang sudah disediakan lalu masukkan soda kue secukupnya ke dalam botol tersebut.
  2. Tambahkan bahan pewarna merah dan aduk sampai merata dan terlihat merah.
  3. Letakkan botol yang sudah diisi soda kue dan pewarna tadi di atas bidang datar, lantai atau papan.
  4. Tutupi sisi botol tersebut dengan tanah liat atau pasir sampai menyerupai bentuk gunung dengan mulut botol dibiarkan terbuka.
  5. Masukkan cuka sedikit demi sedikit ke dalam botol yang berisi soda kue dan pewarna lalu aduk dan biarkan.
  6. Cuka akan bereaksi dengan soda kue yang mengakibatkan soda kue meluap ke atas dan keluar melewati mulut botol dan turun mirip dengan material lava yang sedang dikeluarkan gunung api yang sedang meletus.

Untuk menghilangkan rasa penasaran, Paman tunjukkan video amatir simulasi gunung meletus sederhana yang Paman punya berikut ini.

Cara Mudah Membuat Simulasi Gunung Meletus Cara Mudah Membuat Simulasi Gunung Meletus Reviewed by Paman Guru on Friday, February 14, 2014 Rating: 5

1 comment:

  1. penjelasan di video nya membantu pak :D hebat itu yg kerja anak laki semua;) makasih pak postingannya saya mau coba di sekolahan :)

    ReplyDelete

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.