Hot Air Balloon: Game Menarik untuk Kelas Conversation

Conversation class (kelas percakapan) dalam pengajaran bahasa Inggris biasanya sangat menekankan kemampuan siswa untuk berinteraksi secara penuh dalam bahasa Inggris. Walaupun penguasaan grammar (tata bahasa) masih tetap dibutuhkan, biasanya dalam kelas seperti ini tidak menjadi prioritas utama. Prioritas utamanya adalah membuat semua siswa berbicara dan berinteraksi aktif dalam bahasa Inggris. Sehingga, tugas utama guru adalah mendorong siswa untuk mau berbicara secara aktif menggunakan bahasa Inggris.

Nah, kali ini Paman akan berbagi game untuk mendorong siswa agar mau berbicara dalam bahasa Inggris. Game ini sangat cocok digunakan untuk mengajar kelas conversation karena game ini sangat menekankan kemampuan speaking siswa. Walaupun begitu, game ini juga cocok untuk mereview pelajaran-pelajaran sebelumnya dalam kelas biasa. Game ini diberi nama 'Hot Air Balloon' atau dalam bahasa Indonesia berarti balon udara.

Cara bermain:

  1. Sebelum bermain, siapkan beberapa potong kertas (sesuai jumlah siswa) dan tuliskan jenis-jenis pekerjaan pada tiap potong kertas, misalnya nurse, teacher, driver, robber, comedian, dan sebagainya.
  2. Bagikan kertas tersebut kepada seluruh siswa (masing-masing mendapat satu).
  3. Ceritakan kepada siswa bahwa mereka semua berada di dalam balon udara dan sedang pindah untuk mencari pemukiman baru karena pemukiman sebelumnya rusak parah dan tidak bisa dihuni lagi. Namun, balon udara tersebut mengalami kelebihan beban sehingga harus ada satu orang yang ditinggalkan.
  4. Tiap siswa diminta untuk memberikan penjelasan (sesuai dengan jenis pekerjaan yang mereka dapat sebelumnya) tentang alasan mengapa mereka harus ikut dalam balon udara tersebut. Lakukan ini secara bergiliran satu demi satu.
  5. Setelah semuanya mendapat giliran, lakukan diskusi dalam kelompok-kelompok kecil untuk menentukan siapa yang harus ditinggalkan.
  6. Terakhir, lakukan diskusi kelas dengan membawa hasil diskusi kelompok untuk menentukan siapa yang harus ditinggalkan.
Tips:
  • Kita bisa mengganti jenis pekerjaan dengan nama-nama binatang atau nama-nama orang terkenal. Namun, tentu saja skenario cerita balon udara itu harus diubah sedikit sesuai kebutuhan.
  • Sebagai guru, kita harus bisa mengarahkan diskusi agar tidak vakum (diam). Sebaliknya, jika diskusi menjurus ke debat kusir, guru juga harus bisa menengahi.

Hot Air Balloon: Game Menarik untuk Kelas Conversation Hot Air Balloon: Game Menarik untuk Kelas Conversation Reviewed by Paman Guru on Tuesday, November 06, 2012 Rating: 5

5 comments:

  1. sippp, saya sangat tertarik...

    ReplyDelete
  2. izin download kang ya , jazakumullah khoiron katsiron

    ReplyDelete
  3. Paman guru, boleh tau gak source, buku, atau ebook yang membahas tentang hot air ballon game?

    ReplyDelete

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.