Bacaan Doa Tarawih & Witir

Bacaan doa tarawih dan witir agak berbeda dengan bacaan doa setelah sholat wajib. Seperti yang pernah Paman bagikan sebelumnya tentang sholat tarawih dan witir, ada bacaan niat dan doa tersendiri untuk sholat yang hanya terdapat di Bulan Ramadhan ini. Meskipun begitu, bacaan sholat tarawih dan witir dari awal takbiratul ihram sampai salam persis sama dengan bacaan sholat wajib yang lima kali sehari. Bacaan niat sholat tarawih dan witir sudah pernah Paman bagikan sebelumnya. Kali ini, Paman akan membagikan doa yang dibaca setelah sholat tarawih dan witir. Doa setelah sholat tarawih sering juga disebut doa kamilin karena lafadz kamilin disebut pada awal-awal doa tarawih. Baiklah, berikut ini bacaan doa setelah sholat tarawih dan witir beserta cara membaca dan artinya dalam Bahasa Indonesia.


Doa setelah sholat tarawih:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ , اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ , اَللَّهُمَ اجْعَلْنَا بِاْلاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ , وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْن . وَللِصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ , وَللِزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ , وَلِمَاعِنْدَكَ طَالِبِيْنَ , وَلِعَفْوِكَ رَاجِيِّنَ , وَبِاْلهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ , وَعَنِ اللَّغْوِمُعْرِضِيْنَ , وَفىِ الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ , وَفىِ اْلاخِرَةِ رَاغِبِيْنَ , وَبِالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ , وَبِالنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ , وَعَلىَ اْلبَلاَءِ صَابِرِيْنَ , وَتَحْتَ لِوَاءِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلىَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ , وَاِلىَ اْلحَوْضِ وَارِدِيْنَ , وَاِلىَ اْلجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ , وَمِنَ النَّارِنَاجِيْنَ , وَعَلَ سَرِيْرِاْلكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ , وَمِنْ حُوْرٍعِيْنِ مُتَزَوِّجِيْنَ , وَمِنْ سُنْدُ سٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَّذِيْبَاحٍ مُتَلَبِّسِيْنَ , وَمِنْ طَعَامِ اَلجَنَّةِ آ كِلِيْنَ وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًى شَارِبِيْنَ , بِاَكْواَبٍ وِّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِنْ مَعِيْن , مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّ يْقِيْنَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ , وَحَسُنَ اُولَئِكَ رَفِيْقًا , ذَلِكَ اْلَفَضْلُ مِنَ الله وَكَفىَ بِاللهِ عَلِيْمًا، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا فِي هَذِهِ الَّيْلَةِ الشَّهْرِ الشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِينْ، وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ الْأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِينْ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ، وَاْلحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْن


Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillahi robbil 'alamin. Hamdan yuwafi ni'amahu wa yukafi mazidah. Allahumma sholli wa sallim 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala ali sayyidina Muhammad. Allahummaj'alna bil-imani kamilin, wa lilfaro-idhi mu-addin, wa lisholati hafidzin, wa lizzakati fa'ilin, wa lima 'indaka tholibin, wa li'afwika rojin, wa bilhuda mutamassikin, wa 'anillaghwi mu'ridhin, wa fiddunya zahidin, wa fil-akhiroti roghibin, wa bilqodho-i rodhin, wa binna'ma-i syakirin, wa 'alalbala-i shobirin, wa tahta liwa-i sayyidina Muhammadin shollallahu 'alaihi wa sallama yawmil qiyamati sa-irin, wa ilal hawdhi waridin, wa ilal jannati dakhilin, wa minannari najin, wa 'ala sariril karomati qo'idin, wa min hurin 'inin mutazawwijin, wa min sundusin wa istabroqin wa dzibajin mutalabbisin, wa min tho'amil jannati akilin, wa min labanin wa 'asalin mushoffan syaribin, bi akwabin wa abariqo wa ka-sin min ma'in, ma'alladzina an'amta 'alaihim minannabiyyin washidiqin wasyuhada washolihin, wa hasuna ula-ika rofiqo. Dzalikal fadhlu minallah wa kafa billahi 'alima. Allahummaj'alna fi hadzhihil laylatisy syahrisy syarifatil mubarokati minassu'ada-il maqbulin, wa la taj'alna minal asyqiya-il mardudin. Wa shollallahu 'ala sayyidina Muhammad wa 'ala alihi wa shohbihi ajma'in. Walhamdu lillahi robbil 'alamin.


Artinya: Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban- kewajiban terhadap-Mu, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akherat , yang ridha dengan ketentuan, yang bersyukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad) yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah de¬ngan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui. Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya. Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas penghulu kita Muhammad, keluarga beliau dan shahabat beliau semuanya, berkat rahmat-Mu, oh Tuhan, Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Doa setelah sholat witir:
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسْ (×3) سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ الْمَلآئِكَةِ وَالرُّوْحْ، سُبْحَانَ اللهْ وَالْحَمْدُ لِلهْ وَلآ اِلَهَ اِلَّا اللهْ وَاللهُ اَكْبَرْ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمْ

Subhanal malikil quddus (3x) subbuhun quddusun robbuna wa robbul mala-ikati warruh. Subhanallah walhamdu lillah wa la ilaha illallah wallahu akbar. Wa la hawla wa la quwwata illa billahil 'aliyyil adzim.

catatan: terjemahan doa sholat tarawih dikutip dari sini.
Bacaan Doa Tarawih & Witir Bacaan Doa Tarawih & Witir Reviewed by Paman Guru on Monday, July 23, 2012 Rating: 5

17 comments:

  1. assalamualaiqum. . .
    tolong postingkan cara bacanya soalnya saya susah baca arab gundul

    ReplyDelete
    Replies
    1. السلام عليكم
      Mohon keikhlasanya bacaan salawat didlm 2 rakaat Sunnah taraweh'
      شكراكثيرعلى خبركم شـــكر كثيـــرا و جــزاك اللـــه خـيـر
      جزاكم الله خير الجزاء وتقبل الله منا ومنكم

      Delete
  2. @dani:: waalaikumussalam.. oke silakan ditunggu.. :)

    ReplyDelete
  3. @dani:: sudah tersedia cara bacanya.. :)

    ReplyDelete
  4. mengapakah tiada artinya wahai paman guru?
    padahal itulah daku pun ingin faham maksud punya doa...

    ReplyDelete
  5. oh. . . .ia sukron paman guru?
    @Dani

    ReplyDelete
  6. sudah tersedia terjemahan dalam bahasa Indonesia. semoga semakin bisa meresapi arti doa.. :)

    ReplyDelete
  7. bgmana jk ditambahkan cara/bacaan bilal,

    ReplyDelete
  8. @hokage: mungkin nanti di postingan berikutnya.. :D

    ReplyDelete
  9. assalamualaikum...kok witir hanya segitu doanya?
    ALLAAHUMMA INNAA NAS-ALUKA IIMAANAN DAA-IMAN, WANAS-ALUKA QALBAN KHAASYI’AN, WANAS-ALUKA ‘ILMAN NAAFI’AN, WANAS-ALUKA YAQIINAN SHAADIQAN, WANAS-ALUKA ‘AMALAN SHAALIHAN, WANAS-ALUKA DIINAN QAYYIMAN, WANAS-ALUKA KHAIRAN KATSIIRA, WANAS-ALUKAL ‘AFWA WAL’AAFIYATA, WANAS-ALUKA TAMAAMAL ‘AAFIYATI, WANAS-ALUKASY SYUKRA ‘ALAL ‘AAFIYATI, WANAS-ALUKAL GHINAA-A ‘ANIN NAASI, ALLAAHUMMA RABBANAA TAQABBAL MINNAA SHALAATANAA WASHIYAAMANAA WAQIYAAMANAA WATAKHASYSYU ‘ANAA WATADLARRU ‘ANAA WATA ‘ABBUDANAA WATAMMIM TAQSHIIRANAA YAA ALLAHU YAA ALLAAHU YAA ALLAAHU YAA ARHAMAR RAAHIMIIN. WASHALLALLAAHU ‘ALAA KHAIRI KHALQIHII MUHAMMADIN WA’ALAA AALIHII WASHAHBIHII AJMA’IINA WALHAMDU LILLAAHI RABBIL ‘AALAMIIN”.
    artinya :
    “Ya Allah, ya Tuhan kami, kami memohon kepada-Mu (mohon diberi) iman yang lenggeng, dan kami mohon kepada-Mu hati kami yang khusyu’, dan kami mohon kepada-Mu diberi ilmu yang bermanfaat, dan kami mohon ditetapkannya keyakinan yang benar, dan kami mohon (dapat melaksanakan) amal yang shalih dan mohon tetap dalam agama islam, dan kami mohon diberinya kebaikan yang melimpah-limpah, dan kami mohon memperoleh ampunan dan kesehatan, dan kami mohon kesehatan yang sempurna, dan kami mohon mensyukuri atas kesehatan kami, dan kami mohon kecukupan. Ya Allah ya Tuhan kami, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, dan khusyu’ kami, dan pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama shalat, ya Allah, ya Allah, ya Allah Dzat yang Maha Pengasih dan Penyayang, semoga Allah memberi kesejahteraan atas sebaik-baik makhluk-Nya yaitu Nabi Muhammad, atas keluarga dan semua sahabatnya, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam”.


    ReplyDelete
  10. sebaiknya sarah, perawi dan derajat hadisnya dicantumkan untuk perbendaharaan pengetahuan. Karena agama adalah dalil......, dan mohon diperkaya do'a -do'a lainnya yang aplikatif.

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum..mau tanya kalau doa sholat taraweh ada dlm Alquran, surat apa yaa mohon pertunjukan Wassalam

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum..mau tanya kalau doa sholat taraweh ada dlm Alquran, surat apa yaa mohon pertunjukan Wassalam

    ReplyDelete
  13. Semoga dengan blog ini menjadikan Syiar, dan menjadikan amal yang tidak pernah putus pahalanya bagi sang penulis blog ini, Aamiin!

    Masjid Al Ukhuwah

    ReplyDelete
  14. BIJUDIKA AMIN, WABIMTINA NIKA AMIN, YAKHAIRAL MAS’ULIN YA ALLAH.
    ALLAHUMMA A’TIQ RIQABANA, WARIQA BA ABA INI, WAUMMAHATINA, MINANNARRI AJMA’IIN WATUB WAZAKKI WA’FUAMMAY YAQULLU AMIIN, AMIIN AMIIN WHASALLALAHU WASALAMA’ALAIHI WALHAMDULILLAHIRABBIL’ALAMIN
    ( mohon untuk di artikan bagi yang berkenan mengartikannya )

    ReplyDelete

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.