Amalan-amalan di Bulan Ramadhan

Di Bulan Ramadhan yang akan tiba sebentar lagi, banyak sekali amalan ibadah yang bisa diperbuat. Bahkan, setiap perbuatan yang diniatkan untuk ibadah akan dijanjikan pahala yang berlipat. Nah, kali ini Paman akan berbagi tentang amalan ibadah yang dapat dilakukan selama Bulan Ramadhan yang mulia ini.

1. Tadarrus
Tadarrus adalah kata berbahasa Arab yang berarti pembacaan. Ibadah tadarrus yaitu ibadah yang berupa pembacaan ayat-ayat Al-Qur'an. Pembacaan Al-Qur'an ini bisa dilakukan sendiri di rumah masing-masing atau dilakukan bersama-sama di masjid. Di beberapa tempat, tadarrus dilakukan setiap setelah menjalankan sholat tarawih berjama'ah di masjid.

2. Sholat Tarawih
Tarawih adalah ibadah sholat yang hanya terdapat di bulan Ramadhan. Sholat tarawih ini waktunya setelah selesai melaksanakan sholat 'Isya. Ada perbedaan jumlah rakaat dalam menjalankan sholat tarawih. Ada yang melakukannya sebanyak 20 rakaat, ada juga yang hanya 8 rakaat. Sholat tarawih ini diikuti dengan sholat witir.

3. Sholat Witir
Witir dalam bahasa Arab berarti ganjil. Itulah makanya jumlah rakaat sholat witir selalu ganjil. Sholat witir dilakukan setelah selesai menjalankan sholat tarawih. Sholat witir umumnya dilaksanakan sebanyak 3 rakaat. Namun, boleh lebih dari itu asalkan jumlahnya ganjil.

4. I'tikaf
I'tikaf yaitu berdiam diri di dalam masjid dengan niat beribadah. Ibadah ini terutama sangat dianjurkan ketika memasuki sepertiga terakhir di bulan Ramadhan. Pada salah satu malam di waktu tersebut, terdapat sebuah malam yang mulia melebihi seribu bulan. Malam itu dikenal dengan lailatul qadr. Jika kita beribadah pada malam tersebut, maka pahalanya akan dilipatgandakan. Untuk beri'tikaf, dibutuhkan niat. Berikut ini niat beri'tikaf:

نويت الأعتكاف في هذا المسجد سنة لله تعالى

nawaitul i'tikafa fi hadzal masjidi sunnatan lillahi ta'ala

artinya: Saya berniat i'tikaf di masjid ini sunnah karena Allah ta'ala.

5. Infaq/Shodaqoh
Infaq/shodaqoh yaitu memberikan sebagian milik kita kepada orang lain yang membutuhkan. Bukan hanya berupa uang, termasuk dalam kategori ini adalah menyediakan makanan berbuka untuk orang-orang yang berpuasa. Bahkan, orang yang menyediakan makanan untuk berbuka puasa akan dijanjikan pahala yang sama besarnya dengan orang yang berpuasa tersebut.

Wallahu a'lam.

Selamat menjalankan ibadah shaum ramadhan 1433 H. Mari saling berlomba menuju kebaikan.
Amalan-amalan di Bulan Ramadhan Amalan-amalan di Bulan Ramadhan Reviewed by Paman Guru on Saturday, July 21, 2012 Rating: 5

3 comments:

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.