Memasang Short URL Bit.ly di Kotak Komentar Twitter

Memasang kotak komentar Twitter di blogspot sudah tidak asing lagi. Bahkan, seperti yang sudah Paman posting sebelumnya, kita bisa memasang tiga kotak komentar sekaligus, yaitu komentar bawaan blogger, komentar twitter dan komentar facebook dengan penampilan menawan. Script unik hasil karya James, seorang blogger kawakan yang banyak menguliti masalah script di blognya ini sekarang banyak dibahas dan digunakan oleh blog-blog di seantero dunia. Lewat jsblogstop.com, ia banyak mengupas tuntas masalah-masalah script ini.

Kali ini, Paman tidak akan membahas tentang memasang kotak komentar facebook dan twitter di blogger. Untuk bahasan tersebut, silakan lihat DI SINI. Yang akan dibahas di sini adalah bagaimana cara memasang tautan pendek atau short link dari bit.ly pada kotak komentar Twitter secara otomatis. Sebelum memulai, pastikan kotak komentar Twitter sudah berhasil terpasang pada blog. Berikutnya, untuk memasang short link bit.ly pada kotak komentar Twitter ini, kita harus mendaftar untuk mendapat akun bit.ly di sini.

Setelah berhasil mendaftarkan akun di bit.ly, kita harus menemukan API Key dari akun bit.ly milik kita. Caranya lihat video berikut.


Setelah langkah-langkah tadi dilalui, sekarang waktunya untuk memodifikasi template blog di blogger.  Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Masuk ke akun blogger, pilih Rancangan > Edit HTML
2. Download template yang sekarang dipakai untuk berjaga-jaga barangkali terjadi kesalahan.
3. Ceklis 'Expand Template Widget'
4. Tekan tombol Ctrl+F lalu carilah kode <div id='js-tweet-box'/>
5. Ganti kode tersebut dengan kode berikut ini
<div data-bitly-key='myBitlyKey' data-bitly-login='myBitlyLogin' data-publisher='myTwitterLogin' id='js-tweet-box'></div>
6. Lihat kode berwarna merah. Ganti myBitlyKey dengan API Key dari akun bit.ly milik kita. Berikutnya ganti myBitlyLogin dengan username akun bit.ly milik kita. Terakhir, ganti myTwitterLogin dengan username akun Twitter milik kita.
7. Jika berhasil, maka pada kotak komentar Twitter akan muncul tombol 'follow' untuk akun Twitter kita dan short link bit.ly di dalam kotak komentar Twitter yang siap ditwit.Untuk lebih jelas, lihat gambar di bawah ini (bagian bertanda merah).

Selamat berkarya!
sumber: jsblogstop.com

Memasang Short URL Bit.ly di Kotak Komentar Twitter Memasang Short URL Bit.ly di Kotak Komentar Twitter Reviewed by Paman Guru on Sunday, June 10, 2012 Rating: 5

1 comment:

  1. om masalahnya nih pas di komentar twitter ada tulisan ini
    http%3A%2F%2Fttsoftware.blogspot.com%2F2012%2F12%2Fcara-membuat-komentar-facebook-blog-dan.html is not authorized for the client registered to 'http%3A%2F%2Fblogspot.com'.
    .pas mau ngepost lewat twitter, bantuannya yah :) aanto338@gmail.com

    ReplyDelete

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.