Boom! Permainan Pembelajaran Matematika SD

Pelajaran Matematika memang paling menyenangkan kalau dipelajari sambil menggunakan permainan. Salah satu permainan matematika sederhana untuk tingkat SD yang kali ini akan Paman bagikan adalah permainan 'BOOM!'. Permainan ini sangat cocok untuk mempelajari bilangan kelipatan. Namun, permainan matematika BOOM! ini sebenarnya bisa juga digunakan untuk mempelajari materi lain dalam pelajaran Matematika SD bahkan untuk pelajaran lainnya sesuai kebutuhan. 

Sebelum permainan matematika BOOM! dimulai, minta anak-anak untuk duduk atau berdiri melingkar. Pastikan konsep bilangan kelipatan sudah terlebih dahulu dijelaskan kepada para siswa. Setelah semua siap, jelaskan peraturan dan cara main permainan matematika BOOM! ini kepada para siswa.

Berikut ini cara bermain dan aturan main permainan matematika BOOM!:

  1. Tentukan kelipatan angka yang akan dijadikan bom. (misalkan kelipatan 3)
  2. Tiap peserta permainan secara bergiliran menyebutkan angka berurutan dari 1 sampai 100. (bisa dikurangi atau ditambah sesuai alokasi waktu yang tersedia)
  3. Setiap peserta yang mendapat bagian menyebutkan angka 3 dan kelipatannya, harus mengganti dengan meneriakkan BOOM! (baca: bum)
  4. Peserta yang membuat kesalahan otomatis keluar dari permainan.
  5. Lakukukan terus seperti itu sampai peserta permainan tersisa 3 (tiga) orang yang bisa dijadikan pemenang.
  6. Untuk membuat permainan ini lebih menantang, buat dua kelipatan angka. Misalnya kelipatan angka 3 dan 5. Jadi, setiap peserta permainan yang mendapat bagian menyebutkan angka 3 atau 5, harus menggantinya dengan meneriakkan BOOM!
  7. Untuk memodifikasi permainan ini, bom bisa diganti dengan bilangan prima dan bilangan genap atau lainnya.
Sudah siap memainkan permainan ini? Jangan lupa berikan komentar tentang permainan ini. Selamat bermain! 

Boom! Permainan Pembelajaran Matematika SD Boom! Permainan Pembelajaran Matematika SD Reviewed by Paman Guru on Saturday, April 21, 2012 Rating: 5

No comments:

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.