Membuat Aplikasi di Twitter

Masih ingat dengan postingan Paman tentang membuat kotak komentar facebook dan twitter di blogger? Kali ini Paman akan berbagi tentang cara membuat aplikasi di twitter yang gunanya untuk mendapatkan API KEY. Khusus untuk twitter, API KEY ini penting supaya kotak komentar twitter bisa muncul.

Oke, langsung ke TKP. Mula-mula, masuk ke sini dan log in ke akun twitter kita. Lalu, isikan nama aplikasi, deskripsi, dan website. Untuk callback URL, isikan http://blogspot.com URL domainnya. Sebagai contoh untuk blog Paman Guru maka URL domainnya adalah http://paman-guru.blogspot.com (tanpa garis miring di belakang). seperti contoh pada gambar berikut:


Berikutnya, scroll ke bagian bawah halaman dan ceklis pada kotak di samping kalimat 'Yes, I agree' lalu isikan captcha sesuai dengan kode yang tertera. Terakhir, klik tombol 'create your twitter application'.


Jika semua proses dilakukan dengan benar, halaman baru akan terbuka. Pada halaman tersebut terdapat 'consumer key' yang merupakan API KEY yang kita butuhkan. Selesai.


Update 9 Juni 2012!!!
Untuk mengaktifkan komentar twitter ini, ada pengaturan akses yang harus diubah. Caranya klik setting pada halaman aplikasi twitter yang baru saja dibuat, lalu cari pilihan 'Access'. Pilih 'Read and Write' lalu klik 'Update this Twitter application's settings'.

Update 30 Juni 2012!!!
Untuk menambahkan short URL bit.ly ke komentar twitter kita secara otomatis, ikuti langkah-langkahnya di postingan berikut DI SINI.

Selamat mencoba!
Membuat Aplikasi di Twitter Membuat Aplikasi di Twitter Reviewed by Paman Guru on Thursday, January 19, 2012 Rating: 5

3 comments:

  1. Paman Guru. Yang ini komentar FB pasti ada notifi g, klo kt ud ad APP-ID? Thx b4!

    ReplyDelete
  2. Hehehe... Maaf salah tempat komen. Sebenarnya mau komen di: http://paman-guru.blogspot.com/2012/01/memasang-kotak-komentar-facebook-dan.html

    ReplyDelete
  3. sudah terjawab. silakan dilihat. hehehe.. :D

    ReplyDelete

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.