Game Keliling Dunia: Game Pembelajaran Bahasa Inggris

Kosakata adalah salah satu hal penting dalam mempelajari bahasa. Agar pembelajaran menjadi semakin menarik dan menghibur untuk anak-anak, kita bisa menggunakan Game Keliling Dunia. Game Keliling Dunia ini ditujukan untuk menguji penguasaan kosakata sekaligus memperkenalkan kosakata baru. Game ini sangat cocok dimainkan di kelas besar dengan jumlah siswa yang banyak. Inti dari permainan ini adalah menebak benda yang sesuai sambil belajar menarik kesimpulan dengan menggunakan sedikit logika.


Nama Permainan: Game Keliling Dunia (Around the World)
Kemampuan       : Penguasaan kosakata (vocabulary)
Target Peserta    : Minimal usia SD
Prasyarat            : Peserta harus sudah bisa mengeja (spelling) dalam bahasa Inggris dengan benar

Cara Main:
1. Awali permainan dengan sedikit cerita seperti berikut ini (kita bisa mengganti nama negara sesuai keinginan):


I'm going to travel to Germany next week. I'm going to bring a magazine. If you want to travel with me to Germany, you have to bring something. What are you going to bring?
2. Minta peserta untuk menyebut barang-barang yang akan dibawanya.
3. Peserta yang menjawab benar adalah yang menyebutkan benda berhuruf awal G, E, R, M, A, N, atau Y (sesuai dengan nama tempat). Contoh: Gorilla, Eagle, Raven, Mouse, Ape, Newt, dan sebagainya.
4. Jika tidak ada peserta yang berhasil menebak, ganti nama negara dengan yang lainnya dan lakukan lagi seperti sebelumnya.


Tips:

  • Permainan ini bisa dijadikan ice-breaker atau warmer untuk mengetahui seberapa jauh penguasaan siswa terhadap kosakata pada tema tertentu.
  • Kategori kata benda yang diminta bisa dipersempit sesuai dengan tema untuk mereview kosakata yang sudah dipelajari sebelumnya.
  • Jika tidak ada peserta yang bisa memberikan jawaban benar, ubah pertanyaan dengan mengganti tempat tujuan.
  • Untuk peserta anak-anak usia SD, pilihlah nama tempat dengan 4-6 huruf agar memudahkan anak menarik kesimpulan.
SELAMAT BERMAIN!
Game Keliling Dunia: Game Pembelajaran Bahasa Inggris Game Keliling Dunia: Game Pembelajaran Bahasa Inggris Reviewed by Paman Guru on Saturday, January 07, 2012 Rating: 5

3 comments:

  1. paman guru....artikelnya bagus. Belajar dengan menggunakan games itu besar sekali mamfaatnya. apalagi anak-anak sangat suka metode ini, karena mereka akan merasa senang dan di saat senang ilmu lebih gampang di serap. keep writing

    ReplyDelete
  2. terima kasih.. saya sepakat. keep visiting. :)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.