Belajar Geografi dari Flagcounter.com



Kalau mendengar kata flag counter pasti yang terbayang adalah widget penampil bendera negara asal pengunjung blog. Padahal, lebih dari itu, kita bisa belajar lebih banyak dengan memanfaatkan fact book yang terintegrasi pada situs penyedia hit counter gratis itu. Pelajaran yang sangat terbantu dengan fact book pada situs ini terutama adalah pelajaran IPS.

Untuk dapat membaca, mempelajari dan memanfaatkan fact book yang terdapat di flagcounter.com ini tentu saja kita harus terhubung dengan internet. Setelah kita masuk ke halaman utama flagcounter.com, kita akan menemukan beberapa menu navigasi di bagian atas halaman. Cari dan klik 'COUNTRY LIST' dari halaman utama flagcounter.com maka akan terlihat daftar negara-negara yang tercatat oleh database flagcounter.com. Daftar negara-negara itu disertai dengan ikon bendera dan kode masing-masing negara seperti terlihat pada gambar berikut.



Jika kita klik ikon bendera itu, halaman baru akan terbuka. Halaman tersebut berisi tentang profil singkat negara yang kita pilih. Di dalamnya kita bisa menemukan sejarah singkat terbentuknya negara tersebut, kondisi geografis dan demografis berikut gambaran umum perekonomian. Tidak hanya itu, sistem pemerintahan serta gambaran umum perpolitikan negara tersebut juga tersaji secara singkat. Meski tidak begitu detil, tapi informasi yang terdapat pada halaman fact book tersebut sangat terkini (update). Informasi yang terdapat pada fact book tersebut sangat berguna untuk mengaitkan pelajaran pada kasus nyata. Misalkan saja dalam mempelajari kependudukan tentang tingkat ketergantungan (dependecy ratio), kita bisa memanfaatkan data komposisi penduduk yang sudah dibagi dalam tiga kelompok usia, penduduk usia 0 - 14 tahun, 15 - 64 tahun, dan 65 tahun ke atas. Dengan menggunakan informasi riil, kita bisa mengenalkan kepada siswa tentang keadaan sesungguhnya negara yang sedang dibahas. Untuk melihat langsung informasi apa saja yang terdapat pada fact book tentang negara kita Indonesia, silakan kunjungi halaman ini.

Ada beragam cara memanfaatkan internet untuk pembelajaran di kelas. Flagcounter.com ini hanya salah satu saja. Masih banyak lagi konten-konten di internet yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik pembelajaran di kelas. Video, audio, visual, artikel dan sebagainya bisa dimanfaatkan sepenuhnya. Bahkan yang belum pernah terpikir sebelumnya, seperti konten dari flagcounter ini, juga patut dicoba. Selamat merambah dunia maya untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik!


Belajar Geografi dari Flagcounter.com Belajar Geografi dari Flagcounter.com Reviewed by Paman Guru on Sunday, January 08, 2012 Rating: 5

No comments:

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.