Koleksi Gratis Materi Pelajaran Sekolah


Akhir-akhir ini sudah semakin banyak praktisi dalam berbagai bidang memanfaatkan keberadaan internet. Tak ketinggalan pula para praktisi pendidikan. Inilah salah satu bukti dedikasi mereka dalam dunia pendidikan. Sebuah situs yang dikembangkan dengan MediaWiki ini memungkinkan para penggunanya untuk mengunduh materi, menyunting, dan mengunggah materi. Kalau dilihat sekilas saja langsung terlihat bahwa crayonpedia.org ini sangat mirip dengan wikipedia.org karena memang menggunakan software PHP opensource yang sama yang memang awalnya diperntukkan untuk digunakan oleh wikipedia.org. Kini, opensource ini digunakan juga oleh website nirlaba yang tergabung dalam Wikimedia Foundation.

Banyak yang bisa didapatkan dari situs yang berpenampilan sederhana ini. Bukan hanya untuk para murid, para guru juga bisa memanfaatkan konten yang terdapat dalam crayonpedia.org. Karena di samping tersedia rangkuman materi ajar, tersedia juga koleksi multimedia yang bisa digunakan oleh para guru untuk memperkaya proses pembelajaran. Dan tentu saja koleksi materi bisa didapatkan secara gratis.

Dengan tagline 'Let's create your open education encyclopedia', crayonpedia.org mengklaim dirinya sebagai ensiklopedia pendidikan brbasis multikurikulum, multiprogram dan multimateri pertama yang dibangun oleh dan untuk komunitas. Sudah ada ribuan materi dan ribuan pengguna yang terdaftar dalam situs tersebut. Mungkin ini disebabkan materi-materi yang terdapat di crayonpedia.org hampir menjangkau kebutuhan pembelajar dari semua tingkatan, dari pendidikan dasar, menengah, hingga pendidikan tinggi. 

Untuk mendapatkan materi yang dibutuhkan, mudah saja caranya. Cara berikut boleh dicoba:
1. Masuk ke crayonpedia.org sampai halaman terbuka sempurna. 

2. Berikutnya klik icon pelajar yang berada di bawah kolom mesin pencarian. Pilih sesuai dengan yang dibutuhkan. Lalu halaman baru akan termuat.

3. Dalam contoh, saya memilih kategori SMA. Setelah itu muncul kategori-kategori artikel yang terdapat dalam jenjang SMA. Kategori-kategori ini disusun secara hirarki. 
4. Klik tanda plus '[+]' pada kategori yang sesuai dan tunggu sampai muncul subkategori. Lalu klik tanda plus '[+]' pada subkategori yang sesuai sampai muncul subkategori berikutnya.
5. Lakukan terus sampai menemukan kategori yang dibutuhkan dan klik pada judul kategori.

Untuk pemanfaatan secara maksimal, sebaiknya mendaftarkan diri dulu sebagai pengguna di crayonpedia.org. Selamat berselancar!
Koleksi Gratis Materi Pelajaran Sekolah Koleksi Gratis Materi Pelajaran Sekolah Reviewed by Paman Guru on Tuesday, December 27, 2011 Rating: 5

1 comment:

++ Silakan berkomentar dengan bahasa yang sopan. ++
++ Klik 'subscribe by email' untuk mendapatkan pemberitahuan jika ada komentar baru. ++

Powered by Blogger.